MANFAATKAN MASA SUBUR SETELAH HAID AGAR CEPAT HAMIL

Banyak cara yang dapat dilakukan agar cepat memiliki momongan, salah satunya dengan cara menghitung masa subur, yaitu dengan mengetahui kapan masa ovulasi anda, atau sederhananya, mengetahui kapan sel telur mulai lepas dari dinding rahim anda. Salah satu cara yang cukup optimal agar cepat hamil adalah dengan menghitung masa kesuburan setelah menstruasi. Hal ini juga dipakai beberapa pasangan dalam menekan jumlah anak karena tidak ingin menggunakan KB. 
Cara menghitung masa subur ini biasa digunakan untuk mempercepat proses kehamilan, dan teknik perhitungannya dibagi menjadi dua cara, hal ini dikarenakan ada wanita yang memiliki siklus menstruasinya yang tidak teratur sehingga untuk sistem perhitungannya juga berbeda.  Umumnya, setiap wanita memiliki masa ovulasi sekali dalam setiap periode menstruasi, Jika dapat menghitung hari dan memprediksi kapan masa ovulasi anda, anda dan pasangan dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk berhubungan badan sehingga kesempatan terbaik agar cepat hamil dapat segera terwujud.

Jika anda memiliki siklus haid yang normal, puncak kesuburan biasanya terletak di +13 hari pertama menstruasi dan memiliki rentang waktu sekitar 6 harian masa subur normal. Misalnya anda haid pertama tanggal 3 maka puncak masa subur adalah tanggal 16 sedangkan untuk rentang masa suburya adalah 6 hari yaitu tanngal 14 sampai tanggal 19.
Berbeda halnya jika anda memiliki siklus haid yang kurang teratur, perhitungannya sedikit berbeda, untuk dapat menentukan masa subur, anda harus mampu mengetahui siklus haid minimal 6 bulan, caranya dengan dikurang 18 pada siklus terpendek, dan dikurang 11 pada siklus terpanjang. Misalnya, jika anda memiliki siklus terpanjang haid tidak teratur adalah 28 hari dan siklus terpendeknya 23 hari maka perhitungannya menjadi masa subur pertama 23-18= hari ke 5 dan masa subur terakhir 28-11= hari ke 17.
Sejauh ini, cara ini terbilang cukup optimal dalam proses mempercepat kehamilan, meskipun begitu kondisi kesehatan dan fisik menjadi faktor penentu keberhasilannya. Dan jika anda memiliki periode menstruasi yang tidak teratur, anda juga dapat meminta saran ahli dari obsgyn atau bidan terdekat untuk dapat memprediksi masa ovulasi anda.



Komentar