CARA MEMPREDIKSI MASA OVULASI DENGAN TEPAT


Dalam proses kehamilan, masa ovulasi sangat penting. Tapi tahukah anda apa itu ovulasi? Ovulasi adalah peristiwa yang terjadi dalam rahim kerika sel telur dilepaskan dari ovarium. Jika sel telur yang dilepaskan tersebut dibuahi oleh sperma dan kemudian menempel di uterus, itu artinya anda hamil!
Umumnya, masa subur dimulai sejak lima hari sebelum anda mulai ovulasi, meskipun begitu, kesempatan terbesar agar cepat hamil adalah dengan berhubungan badan pasa tiga hari terakhir masa subur.
Tidak ad satu pun metode pasti untuk memprediksi kapan terjadinya ovulasi karena banyak sekali faktor yang mempengaruhi aehinga setiap perempuan tidak memiliki pola ovulasi yang sama. Tetapi terdapat beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk memprediksi Kapan hal tersebut paling mungkin terjadi, jadi anda dapat mencoba berhubungan badan berdasarkan perhitungan tersebut dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesempatan anda untuk cepat hamil.
Salah satu metode yang paling umum digunakan adalah metode kalender. Metode ini digunakan oleh para perempuan yang memiliki siklus menstruasi yang cenderung reguler, yaitu jumlah hari menstruasi yang sama setiap bulannya. Untum memperkirakan kapan anda akan masuk dalam fase ovulasi ini, hitung mundur 14 hari dari perkiraan tanggal menstruasi berikutnya. Masa suburmu termasuk hari ovulasi dan lima hari berikutnya. Misalnya. Jika tanggal satu adalah hari pertama menstruasi dan tanggal 28 adalah hari sebelum menstruasi berikutnya, maka masa subur anda berada pada tanggal 10 sampai tanggal 15. Metode ini paling mudah untuk memprediksi masa subur tetapi juga diketahui bahwa metode ini tidak terlalu akurat karena jarang sekali ovulasi benar-benar terjadi tepat pada 14 hari sebelum menstruasi. Dalam salah satu riset, terjadinya ovulasi sangat bervariasi bahkan dari 19 hari sebelum menstruasi di antara wanita dengan siklus menstruasi 28 hari. Ovulasi yang benar-benar terjadi pada hari ke 14 sebelum menstruasi berikutnya hanya terjadi pada 10% wanita dari seluruh perempuan yang dijadikan sampel penelitian tersebut. Jadi, jika anda menggunakan metode kalender ini, sangat mungkin sekali anda melewatkan proses ovulasi anda. Tetapi di satu sisi, cara ini mudah dan gratis sehingga layak untuk dicoba, terutama jika anda ingin cepat hamil namun masih tidak terburu-buru. Terlebih lagi dengan kemajuan saat ini, metode kalender ini dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi kalkulator ovulasi yang dapat anda unduh dari google play atau app store. Aplikasi ini ada yang gratis dan berbayar namun kelebihan utamanya ada pada keringkasannya.
Metode lainnya yaitu dengan menggunakan alat prediktor ovulasi. Alat ini bekerja dengan mengukur tingkat hormon anda seperti test pack yang biasa digunakan untuk test kehamilan. Terdapat dua jenis alat prediktor ini yaitu test urin dan test air liur. Keua jenis ini akan memberikan hasil positif di hari-hari sebelum anda memasuki fase ovulasi, sehingga memberikan anda kesempatan untuk mempersiapkan diri untuk berhubungan badan dengan pasangan. Alat prediktor ovulasi melalui urin akan mengindikasilan positif ketika tingkat hormon Luteinizing terlihat meningkat, dimana berarti sel telur akan segera terlepas dari ovarium. Sedangkan tes air liur dicek menggunakan mikroskop untuk melihat pola pada air liur kering yang mengindikasikan hormon estrogen dimana terjadi pada hari-hari sebelum ovulasi. Alat prediktor ini dijual di apotek tanpa perlu resep dokter. Alat ini juga lebih akurat untuk menentukan kapan terjadinya ovulasi. Namun sayangnya, alat ini cukup mahal. Harga satu buah alat prediktor ovulasi ini masih berada pada kisaran Rp 300.000,- sampai Rp 750.000,-. Sehingga alat prediktor ini kurang populer dan masih sangat jarang menjadi pilihan pasangan yang ingin cepat hamil.
Mengetahui siklus menstruasi anda dan masa subur merupakan hal dasar agar program hamil anda sukses. Kedua metode di atas tentunya menjadi dasar untuk menentukan kapan saat yang tepat untuk berhubungan badan dengan pasangan anda agar cepat hamil. Namun, kehamilan bukanlah sebuah peristiwa yang prosesnya tidak sesederhana perhitungan matematika. Oleh karena itu, metode ini tidak menjadi faktor yang berdiri sendiri dan diperlukan langkah-langkah lainnya untuk memaksimalkan kesempatan agar anda cepat hamil. Perlu dipahami bahwa hamil juga merupakan sebuah proses alami dimana campur tangan Tuhan merupakan hal yang utama. Sebab semua proses perhitungan ini belum ada ahli yang benar-benar yakin dan dapat memastikan kapan ovulasi itu terjadi.



Komentar