MAKSIMALKAN KESEMPATAN ANDA UNTUK MEMILIKI MOMONGAN DENGAN PROGRAM HAMIL

Mimpi sebagian besar wanita adalah bisa hamil, untuk itu banyak yang harus dipersiapkan ketika mulai menjalankan program hamil, diantaranya adalah kondisi fisik dan kesehatan prima, hal ini dikarenakan kesehatan menjadi modal utama ketika akan menjalankan program hamil. Selain masalah kesehatan, kesempatan untuk mendapatkan momongan dapat diupayakan secara maksimal jika anda dan pasangan telah mendeteksi sejak dini berbagai kemungkinan yang dapat menghambat terjadinya kehamilan.
Permasalahan fertilitas atau kesuburan bukanlah semata-mata persoalan wanita, namun hal tersebut juga dapat datang dari pihak pria. Jika anda masih dalam tahap awal, tidak ada salahnya jika anda dan pasangan memeriksakan diri ke petugas kesehatan yang mumpuni seperti obsgyn atau bidan. Namun sebagai gambaran awal, beberapa petunjuk berikut mungkin dapat menjadi pertanda adanya masalah kesuburan.
Mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk memeriksakan tingkat kesuburan anda dan pasangan bukanlah perkara mudah. Sebagian besar baru menyadari pentingnya memeriksakan diri setelah gejala-gejala susah hamil muncul dalam waktu yang cukup lama. Semakin cepat mengetahui kondisi kesehatan anda dan pasangan, semakin besar peluang kesuksesan anda untuk cepat hamil. Hal ini dikarenakan obsgyn atau bidan akan memberikan informasi apakah saat ini anda sedang berada pada kondisi terbaik untuk hamil atau ada beberapa hal yang harus anda lakukan agar berada pada kondisi terbaik tersebut. Mungkin anda tidak akan langsung merasakan perubahan menuju kondisi tersebut setelah datang ke obsgyn atau bidan saat itu juga, tetapi langkah ini menjadi langkah awal terbaik sebelum anda memulai program hamil.
Perencanaan program hamil yang sehat setidaknya membutuhkan 3-6 bulan. Pada bulan pertama perencanaan, dimulai dengan meminum asam folat sebagai pemenuhan nutrisi dan persiapan dinding rahim menjadi hal yang krusial karena nutrisi ini dapat mengurangi risiko anak terlahir cacat. Saran terbaik lainnya agar anda mendapatkan anak yang sehat adalah membuang jauh-jauh segala pola hidup yang tidak sehat seperti minum minuman beralkohol, merokok atau menggunakan obat-obatan terlarang, kondisikan anda dan pasangan dalam berat badan yang sehat dan batasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kaffein hingga maksimal 300mg setiap harinya.
Untuk mengoptimalkan hasil pembuahaan, usahakan melakukan hubungan badan selama anda berada di tingkat kesuburan paling tinggi, yaitu diantara dua atau tiga hari sebelum masa ovulasi hingga masa ovulasi anda berakhir. Jika anda tidak yakin kapan masa subur anda akan dimulai, usahakan berhubungan badan setiap hari atau setiap dua hari sekali selama dua minggu dalam satu periode menstruasi sebelum menstruasi selanjutnya. Dengan cara ini, sperma yang sehat kemungkinan besar dapat masuk ke tuba falopi anda kapanpun ketika tubuh anda melepaskan telur.
Cara lainnya, jika anda dan pasangan menunggu berhubungan badan hingga memasuki masa subur, pastikan anda tidak membiarkan saluran tuba falopi anda kering terlalu lama. Pasangan anda harus melakukan ejakulasi setidaknya satu kali dalam beberapa hari sebelum masuk masa subur. Jika tidak, saluran sperma akan dipenuhi sperma mati dan membuat sperma sehat susah mencapai dinding rahim.


Komentar